Turbo di honda – jogja rumah online

Turbo di honda

Meski terkenal sebagai produsen yang piawai membuat mobil-mobil kencang, namun Honda sejatinya tak punya mobil bensin bermesin turbo. Kalaupun ada, itu hanya ditemukan pada mobil balap mereka seperti Formula 1. Tentu bukan untuk produksi massal.

Tapi hal itu telah berubah. Melalui panji teknologi Earth Dreams, Honda merilis mesin-mesin anyar pada akhir 2013 lalu. Di antara jajaran mesin Earth Dreams, selain diesel dan hybrid pabrikan asal Jepang itu juga memperkenalkan 3 mesin bensin VTEC TURBO.

Insinyur Honda akhirnya luluh dengan daya tarik turbo. Pemampat udara paksa ini terbukti mampu menggandakan output mesin meski dengan kapasitas relatif kecil. Sasarannya jelas, mencapai efisiensi BBM dan meminimalisir emisi sembari tetap meraih tenaga besar. Alias semua yang dicita-citakan Earth Dreams Technology.

Seperti namanya, tak hanya turbo yang disemat pada VTEC TURBO, ada pula teknologi ka­tup variabel VTEC dan suplai bahan bakar injeksi langsung (direct injection).

Unit terkecil, 1.000 cc berkonfigurasi 3 silinder

Totalnya ada 3 mesin bensin Earth Dreams yang menggunakan VTEC TURBO. Pertama adalah unit 4-silinder 2.000 cc, lalu 1.500 cc 4-silin­der dan 1.000 cc 3-silinder. Variasi itu sengaja dibuat demi menyesuaikan karakter pasar global yang beragam.

Belum ada keterangan resmi dari Honda Motor Co., Ltd bahwa akan ditaruh di mobil apa saja mesin-mesin itu. Namun isu kuat berhembus bahwa unit 2.000 cc VTEC TURBO akan hinggap salah satunya di engine bay Civic Type R 2015.

Dilengkapi teknologi katup variabel dan injeksi BBM langsung     Unit yang berkapasitas 2.000 cc menghasilkan tenaga lebih dari 280 dk

Aneka pilihan untuk berbagai kebutuhan

Mesin-mesin VTEC TURBO Honda terdiri dari 3 pilihan kapasitas, yakni 2.000 cc, 1.500 cc dan 1.000 cc.

2.000 cc 4-silinder direct injection turbo

Dari info yang kami dapat, besaran tenaganya mencapai lebih dari 280 dk. Impresif. Jika benar begitu, maka tak ragu lagi bahwa inilah salah satu mesin 4-silinder dengan tenaga terbesar yang pernah dibuat. Hebatnya, keganasan itu datang dengan keramahan luar biasa karena ia meraih sertifikasi EURO 6 untuk uji emisi.

Civic Type-R disebut-sebut akan menjadi mobil pertama yang menggunakan mesin ini. Pun dengan cakupan pasar terbatas di Eropa saja sebagai awalan.

1.500 cc 4-silinder dan 1.000 cc 3-silinder direct injection turbo

Selain turbo, katup variabel VTEC dan injeksi BBM langsung, fokus Honda pada kedua mesin ini adalah reduksi friksi dan pengurangan momen inersia. Sehingga menghasilkan mesin yang sangat responsif dengan kehematan alamiah ala mesin ber-cc kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s